Rainbow Cake Kukus

Bahan :
- 4 butir telur
- 10 gr emulsifier (saya pakai 1 sdt SP)
- 200 gr gula pasir
- 140 gr terigu
- 1 sdt bubuk perisa milk (saya ganti pakai 4 sdm susu bubuk)
- 100 ml minyak
- pewarna makanan: merah, kuning, orange, hijau, biru, dan ungu (saya gak punya yang warna biru dan ungu)

Cara membuat :
- Kocok telur, emulsifier, dan gula pasir hingga kental.
- Masukkan terigu dan susu bubuk (sambil di ayak) kemudian aduk rata.
- Masukkan minyak dan aduk rata.
- Bagi adonan menjadi 5 bagian & warnai masing-masing bagian dengan warna merah, kuning, hijau, biru, dan ungu.
- Gunakan loyang 20×20 (sesuai resep pakai ukuran loyang ini, tapi saya pakainya yang lebih kecil lagi kira-kira ukurannya 20x10), olesi loyang dengan mentega, (bagusnya lapisi dengan kertas roti tapi saya gak punya hehe) tuang adonan merah dan kukus dengan api sedang selama 10 menit/sampai matang (tes tusuk pakai tusuk gigi). Angkat.
- Lanjutkan dengan menuang adonan warna kuning ke loyang yang lain, ulangi langkah di atas sampai seluruh adonan matang.
- Setelah semua lapisan matang, siapkan tempat, lalu satukan lapisan perlapisan dengan menggunakan buttercream, untuk lapisan paling atas cake di beri buttercream dan taburan keju.
- Sajikan.

*Resep Rainbow Cake ini aslinya dari Rindu Ai-Sha NCC, modifikasi by Ria Bundanya Fakhri ^_^

Buttercream

Bahan :
- 225 gr mentega tawar
- 75 gr gula bubuk
- 1 setengah sdm susu kental manis

Cara membuat :
- Kocok butter hingga tampak halus, lalu masukkan gula bubuk kocok lagi. Agar manambah rasa manis masukkan susu kental manis dan kocok semua bahan hingga rata dan terlihat lebih halus.
- Setelah tercampur rata, naikkan kecepatan mixer di posisi sedang. Kocok terus selama minimal 30 menit. Sampai butter cream benar-benar mengembang dan putih. Dan siap pakai deh.
- Butter cream bisa diberi rasa yang lain, misalnya cokelat, strawberry atau daun pandan yang sudah dihaluskan dengan mencampurkannya ke butter cream yang sudah jadi. Ini sekaligus bisa menjadi pewarna alami butter cream, menggantikan pewarna makanan lainnya.

*Resep Buttercream saya copas dari http://resepcakelezat.blogspot.com/2012/11/tips-mudah-membuat-buttercream-lembut.html